Cara mengamankan smartphone

Cara mengamankan smartphone

Keamanan smartphone di era digital saat ini dikategorikan sebagai prioritas utama karena didalam smartphone biasanya berisi data penting dan pribadi ... Kalau jatuh ketangan orang lain yang jahil bisa jadi malapetaka .. sebelum malapetaka itu menimpamu, ada 7 tips dan trik agar smartphone kamu tetap aman .. :D
1. Mengatur kode kunci
Mulai dari email, pesan, no. telepon, gambar, video dan sebagainya. Smartphone merupakan salah satu barang pribadi, didalamnya memiliki banyak informasi pribadi tentang pemiliknya, oleh karena itu maka kamu harus menggunakan kode kunci. Biasanya kode kunci menggunakan 4 digit PIN atau password dengan kombinasi huruf, angka, dan karakter spesial.

2. Aktifkan "Do Not Track" di Web browser mobile
Setiap informasi yang kamu berikan pada sebuah situs web dikumpulkan dan biasanya informasi tersebut digunakan untuk kepentingan periklanan. "Do Not Track (Jangan Lacak)" merupakan opsi untuk menghindari website mengumpulkan informasi tentang kamu. Browser populer seperti Google Chrome untuk Android dan Safari pada iOS memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk mengatur "Do Not Track."

3. Memblokir nomor telepon bila diperlukan
Untuk kamu para bisnismen biasanya menggunakan telepon untuk menghubungi rekan bisnis perlu berhati-hati. Untuk menghubungi rekan bisnis daripada menggunakan nomor telepon, lebih baik menggunakan Google Voice.

4. Hindari menjawab telepon tak dikenal
Ada banyak layanan telemarketing yang akan memanggil ponsel kamu hanya untuk memastikan apakah nomor tersebut benar-benar dipakai seseorang. Setelah itu terjadi, nomor akan diletakkan pada daftar yang kemudian dijual ke perusahaan lain. Jika kamu angkat, kemungkinan besar akan lebih banyak panggilan tak dikenal dan bahkan pesan teks. Nah,, untuk pengguna smartphone ada solusi untuk menampilkan ID pemanggil, ini gunanya untuk mencari tahu siapa yang mencoba menghubungi kamu.
Pada Android periksa Current Caller ID di Whitepages untuk menampikan informasi pemanggil di jendela kecil pada layar panggilan masuk. Pada iOS, instal Truecaller dan mengidentifikasi identitas penelpon.

5. Gunakan aplikasi recovery untuk menemukan perangkat yang hilang atau dicuri
Dengan aplikasi pemulihan pada Android dan iOS, kamu dapat mengunci akses ke perangkat dan bahkan menemukan lokasinya menggunakan GPS. Jadi jangan panic bila nantinya smarphone kalian hilang

6. Tambahkan info kontak pemilik ke perangkat
Jika perangkat kamu hilang kemudian ada yang menemukan jika dan berniat mengembalikan, jangan sampai si penemu tidak menemukan informasi untuk menghubungi kamu. Tidak perlu memberikan informasi secara lengkap, cukup tambahkan nomor telepon dari teman atau saudara yang berhubungan dekat dengan kamu.

7. Mengamankan secara fisik
Meskipun semua upaya sudah kamu lakukan untuk memblokir akses ke dalam smartphone, kamu masih dihadapkan dengan ancaman secara fisik seperti jambret. Untuk mengatasi hali ini, tempatkan perangkat di tempat yang sulit dicapai misalnya didalam saku yang ketat atau didalam tas.

Semoga tips dan trik sederhana ini bisa menjaga smartphone kamu dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

0 Response to "Cara mengamankan smartphone"

Posting Komentar